Email: inforeservation@katumbiriresort.com
Telp: +62 251 821 1123

Apakah anda/ rekan anda berencana untuk mengunjungi Indonesia dalam beberapa waktu kedepan? Dalam artikel ini kami akan membahas kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Indonesia. Yuk kenalan dengan Indonesia!

Iklim di Indonesia

Indonesia mengangkangi garis khatulistiwa yang artinya memiliki iklim monsun. Musim pada dasarnya dikelompokkan menjadi musim ‘basah’ dan ‘kemarau’, meskipun panas sepanjang tahun. Beberapa daerah di Indonesia sedikit lebih sejuk dari yang lain, seperti pegunungan dan gunung berapi yang berada di ketinggian yang lebih tinggi, jadi jika Anda ingin trekking, cuaca akan lebih dingin. Meskipun demikian, cuaca di Indonesia tidak pernah terlalu dingin sehingga Anda dapat berkunjung sepanjang tahun, tergantung apakah Anda siap menghadapi cuaca yang lebih basah.

Musim Di Indonesia

Ada dua musim di Indonesia yaitu musim hujan dan musim kemarau. Umumnya musim hujan berlangsung dari Oktober hingga Mei dan musim kemarau berlangsung dari Juni hingga September, meskipun tidak ada jaminan bahwa tidak akan turun hujan selama musim kemarau, atau Anda tidak akan mengalami cuaca kemarau di musim hujan. .

Musim hujan didorong oleh sistem badai monsun, salah satunya adalah monsun tenggara dari bulan Juni sampai September dan monsun barat laut yang bertiup dari bulan Desember sampai Mei. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa beberapa bagian negara memiliki pola cuaca yang berlawanan dengan wilayah lain di Indonesia. Jika Anda berencana berkunjung ke Papua atau Maluku misalnya, maka musim hujan berlangsung sekitar Mei hingga Oktober dan musim kemarau berlangsung dari November hingga April.

Penting juga untuk dicatat bahwa Indonesia terdiri dari sekitar 17.000 pulau dan beberapa di antaranya, seperti Sulawesi, sangat besar. Ini berarti bahwa ujung yang berlawanan dari pulau yang sama mungkin memiliki pola cuaca yang sangat berbeda dan terlokalisasi, sehingga musim ‘basah’ dan ‘kemarau’ yang disebutkan di atas seharusnya hanya diperlakukan sebagai pedoman kasar. Tergantung ke mana Anda akan pergi, yang terbaik adalah melihat ramalan cuaca rinci untuk daerah itu, karena cuaca bisa sangat bervariasi dari satu kota ke kota lain, bahkan jika Anda hanya mengunjungi satu pulau di Indonesia.

Pola cuaca juga tidak ditetapkan pada batu, dan beberapa tahun melihat curah hujan tahunan sangat sedikit sementara yang lain mengalami badai bahkan selama apa yang disebut musim ‘kemarau’. Dengan mengingat hal itu, yang terbaik adalah mengemas ponco tahan air dan tabir surya setiap kali Anda memutuskan untuk berkunjung.

Tips Untuk Wisatawan

Jarang ada cuaca dingin di Indonesia, jadi Anda tidak perlu membawa pakaian cuaca dingin kecuali Anda berencana untuk mendaki salah satu dari banyak gunung berapi atau pegunungan di negara ini. Ini termasuk tempat-tempat seperti Gunung Agung dan Gunung Batur di Bali, atau Kawah Ijen di Jawa. Itupun kamu hanya benar-benar membutuhkan beberapa sweater dan boots dengan kaos kaki, dan jika kamu berencana untuk berkemah maka sleeping bag biasanya sudah disediakan.

Jika Anda berkunjung pada musim hujan maka Anda akan menemukan bahwa terdapat jumlah nyamuk yang lebih banyak daripada waktu lainnya dalam setahun, tetapi Anda harus mengemas obat nyamuk setiap kali Anda berencana mengunjungi Indonesia karena nyamuk tersebar luas sepanjang tahun dan dapat membawa virus dengue.

Selama musim hujan Anda mungkin juga ingin membawa pakaian tahan air seperti ponco atau jas hujan dan jika Anda berencana untuk trekking di tempat-tempat yang mungkin sangat lembab seperti taman nasional maka Anda juga harus membeli kaus kaki lintah.

Selama musim kemarau di Indonesia Anda harus membawa banyak tabir surya karena langit biasanya cerah dan Anda dapat terbakar dengan sangat cepat dan sangat mudah, bahkan jika Anda berada di luar untuk waktu yang singkat.

Topi besar bertepi lebar juga merupakan ide yang bagus jika Anda berencana berjalan-jalan di luar di taman nasional atau bahkan dalam tur kota karena matahari bisa terik sepanjang hari.

Jika Anda berencana untuk pergi berenang atau menyelam maka Anda harus terus-menerus mengoleskan tabir surya sepanjang hari dan merupakan ide yang baik untuk mengenakan rash vest atau pakaian renang lengan panjang jika Anda berencana untuk berada di dalam air sepanjang hari.

Di musim kemarau sengatan panas bisa menjadi masalah serius di Indonesia jadi pastikan untuk menutupinya jika memungkinkan dan juga pastikan untuk minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Bagaimana? Sudahkan Anda menentukan kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Indonesia?

Promo Ramadhan Resort Bogor Katumbiri